Selasa, 30 Juli 2013

Lising Seksen (dibaca Listening Section)



Lising Seksen (dibaca Listening Section)

Pasti lu semua udah tau apa itu Lising Seksen, atau mungkin lu semua udah pernah ngalamin gimana sulit nya menghadapi tuh Lising?. Buat yang belom tau, Lising Seksen adalah tes b.inggris yg dimana guru b.inggris lu bagiin kertas tugas trus nyetel rekaman yang isinya itu bisa cerita, percakapan , curhatan hatinya dia (bisa jadi), dan lu harus nyimak baik-baik tuh rekaman supaya bisa ngisi tugas yang dikasih sama guru lu.

Waktu SD gua udah mulai dijejelin sama b.inggris, kemudian SMP. Dan pada waktu SMA bego nya gua adalah gua tetep gak ngerti apa itu b.inggris, padahal udah bertahun-tahun gua belajar tuh inggris (wajarlah gak gerti gua kan asli Indonesia).

Hari-hari yang tidak gua dambakan pun tiba, dimana gua harus menghadapi tuh tes. Tapi dengan sifat nasionalisme gua yang tinggi gua pun hanya duduk manis, gak panik, intinya sikap gua biasa aja. Kertas tugas pun dibagikan dan rekaman pun dimulai , dan disaat rekaman tuh dimulai gua cuma bisa clingak-clinguk bengong gak karuan, kenapa? Soal nya pas tuh rekaman dimulai ngomongnya kaya dikejar-kejar pocong dan pocong nya itu dikejar bencong dan bencong nya itu dikejar kantip, gimana tuh? Hanya tuhan lah yang tau. Oke lanjut, pas tes tuh dimulai gua Cuma bisa diem dan mikir gimana gua bisa ngerjain nih tugas dan dapat nilai sempurna, dan gua pun dapat ide. “Aha! Gua kan punya temen sebangku” dan tanpa kesengajaan gua melirik tuh kertas temen gua dan ternyata dia udah, yaudah lansung aja gua salin dikertas tes gua.

Belpun berbunyi dan waktu tes pun habis, dengan gaya ultramen yang abis ngalahin musuhnya, dengan gagahnya gua bangkit dari tempat duduk gua, dan jalan kemeja guru dengan dada dikedepanin dan jalan sambil ngangkang (keliatannya gimana gitu) dan gua pun ngumpulin kertas tes gua. Esok harinya nilai tes pun dibagikan dan ternyata gua dapet nilai tidak terlalu sempurna tapi seenggaknya mendekati sempurna yaitu 85.

Jadi disaat lu menghadapi tes Lising Seksen itu, yang terpenting adalah kuping dan diikuti oleh mata. Disaat kuping lu udah gak sanggup gunakannlah mata, ngertikan maksud gua? Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar